Minggu, 30 Januari 2011

Pompa Hidram Hemat Energi

Iseng-iseng browshing Internet e dapet beginian..


Pompa Hidram nih pompa hemat energi, tanpa bahan bakar, tanpa listrik...dan yang terpenting  tanpa bahan pengawet..hhahah

sumber  http://twa.me/o
maaf kalo tanpa edit sedikitpun kecuali paragraf pembuka ini...:DD




photo


Pompa Hidram, Hidraulik Ram Automatic atau kebanyakan masyarakat Jawa menyebutnya dengan Pompa Dongkleng, karena lidah Jawa lebih mudah menyebut pompa ini dari suaranya waktu bekerja, dibanding nama aslinya. Pompa ini bekerja tanpa menggunakan bahan bakar, listrik atau tambahan energi dari luar. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari sumber dan sebagian dari air tersebut di pompakan ketempat lebih tinggi. Catatan saya selama ini, pompa ini mampu mengalirkan sepanjang 600 meter horizontal (dataran/flat), dan di daerah Pujon Malang naik hingga 100 meter vertikal.



Kabarnya pompa hidraulik ram ini masuk indonesia dari Inggris pada tahun 1971 melalui ITB (Intitut Teknologi Bandung), buku panduannya untuk membuat dan pemasangan dengan Judul “Teknologi Pompa Hidraulik Ram – Buku Petunjuk untuk Membuat dan Pemasangan” keluar pada tahun 1979. Dan saya sendiri tau tentang ini tahun 1994 dari program Pengabdian Masyarakat Impala Unibraw di Malang dan baru bisa mempraktekannya pada 2003 di Kahayan Hulu Utara Kalteng.

Prinsip Kerja Pompa Hidram


Cara Pemasangan Pompa

Proses perubahan energi kinetis aliran air menjadi tekanan dinamik, dan sebagai akibatnya menimbulkan palu air (water hammer) sehingga terjadi tekanan tinggi dalam pipa tabung. Dengan mengusahakan supaya katub limbah dan katub pengantar terbuka dan tertutup secara bergantian maka tekanan dinamik diteruskan sehingga tekanan inersia yang terjadi pada pipa pemasukan memaksa air naik ke pipa pengantar dan seterusnya, lebih detail silahkan donlot Buku Panduan Teknologi Pompa Hidram.
Bahan-bahan yang harus disediakan











     
Peralatan Pompa Hidram
  1. a. Pipa Besi diameter Ø 3 inchi, b. Pipa besi diameter Ø 4 inchi
  2. Knee Ø 3 inchi – 1 buah
  3. Plat sambungan Pipa ukuran Ø 3 inchi sebanyak 6 buah
  4. Plat besi
  5. Karet Pelapis sambungan
  6. Karet Luar ban mobil bekas secukupnya
  7. Baut penyambung pipa 24 buah
  8. Baut untuk tuas klep hidraulik panjang 1 buah
Langkah demi langkah pembuatan Pompa Hidram 1. Membuat Tabung Pompa Tabung Pompa Hidram
JIka harus membuat sendiri tabung pompa hidram, bisa menggunakan tabung dengan Ø 4 inchi atau lebih, biasanya menggunakan 1 ukuran lebih dari ukuran pompa utama, memang akhirnya bentuknya bisa lebih panjang, jika memiliki tabung elpiji bekas atau tabung lain yang mempunyai ukuran lebih besar bisa juga dipergunakan.
2. Membuat Badan Pompa
Badan Pompa Hidram 

Badan Pompa Hidram
Badan Pompa Hidram
Membuat Tabung Limbah Hidram


Tabung Limbah Hidram







Tabung Limbah Hidram
Tabung Limbah Hidram




Membuat Tuas Pompa

Tuas Pompa Hidram





Tuas Pompa Hidram


Membuat Klep Tabung Hidram


Klep Tabung











Membuat Dudukan Pompa Hidram 

Pipa Keluaran Pipa Pengeluaran
Membuat Tuas Klep sorry, belum ada photonya, ini sebenarnya bikin sendiri klep dari ban bekas bagian luarnya yang dilekatkan di baut panjang sebagai tuasnya. Tuas inilah yang nantinya akan bergerak keatas dan kebawah menutup dan mengeluarkan air limpahan.
Memasang Komponen utuh Pompa Hidram
photo 

photo Pemasangan Alat dan Komponen
Pemasangan Alat dan Komponen
Ada tips ringan untuk mengukur jarak antara tabung dengan pompa (besi segitiga dan tuas) adalah diambil dengan ukuran sedekatnya, jarak terlalu jauh antara keduanya mungkin akan berpengaruh terhadap kekuatan tekanan pompa, terlihat dalam photo keduanya berjarak dan posisi seimbang (rata).






Pompa Hidram Utuh
Pompa Hidram Utuh
Pompa Hidram Utuh
Pompa Hidram Utuh Selamat mencoba membuat Pompa Hidram, pada pembuatan yang pernah saya lakukan dengan menggunakan jasa tukang las, satu buah pompa menghabiskan biaya sekitar Tujuh ratus ribu rupiah.

<iframe title="YouTube video player" class="youtube-player" type="text/html" width="480" height="390" src="http://www.youtube.com/embed/92EQNe7Lx1I" frameborder="0" allowFullScreen></iframe>
 

0 komentar:

Poskan Komentar