Kamis, 14 Juli 2011

Desain Kincir Air Tahan Banjir

Berikut ini adalah gambar miniatur Desain Kincir Air yang tahan terhadap banjir.

 
 












Dibuat untuk menjembatani katiadaanya pasokan listrik disuatu daerah baik untuk tujuan darurat maupun untuk semi permanen. 
Sebagaimana kita ketahui energi listrik merupakan salah satu kebutuhan yang cukup fital untuk dunia yang semakin modern saat ini. Akan tetapi dengan adanya perubahan iklim yang tidak menentu di seluruh daratan bumi ini sebagai dampak adanya global warming membuat distribusi listrik menjadi tidak stabil (terjadi pemadaman).

Hujan deras yang menyebabkan banjir dapat melanda kapan saja , aibatnya sering terjadi berupa air sungai meluap maupun bendungan yang jebol. Keadan ini menyebabkan perusahaan listrik misal *n harus mematikan pasokan listrik disuatu daerah listrik yang tergenang agar tidak membahayakan warga. Senada dengan permasalahan tersebut, desa mandiri energi  (DME) dengan pasokan listrik tergantung dari PLTM pembangkit listrik mikro hidro (kincir besar) hasil swadaya dapat jebol tergerus banjir akibat pengawas pintu lalai , selin itu PLTM juga mudah mangkrak teronggok begitu saja saat kekeringan terjadi yang menyebabkan surutnya air .
 

Dengan sistem PLTM terapung diharapkan secara cepat pasokan listrik disuatu daerah yang memeiliki potensi air datar dapat segera dipenuhi .

1. Tidak memerlukan pembangunan pipa pesat
2. Tidak memerlukan pembuatan pintu air dan penjaganya
3. Tidak memerlukan semen, pasir dan batu beserta tukangnya.
4. Tinggal merakit dan meletakan disaluran pengairan atau sungai
5. Memasang kait untuk menambatkan dikanan - kiri sungai agar tidak terbalik
4. Tidak membutuhkan air terjun yang jumlahnya terbatas dan sulit dijangkau.

Dengan demikian sistem PLTM apung memeiliki kelebihan :
1.Murah dalam pembiayaan
2.Cepat dalam pemasangan
3.Ringan dalam perwatan


Pembangkit ini dalam skala kecil cocok untuk dirakit dan dipakai untuk tujuan perkemahan didekat pinggiran sungai atau parit dengan debit sedang .

Secara aplikatif sistem ini dapat menghasilkan daya sebesat 2000 watt . Ini cukup untuk mensuplai penerangan seluruh desa (HANYA PENERANGAN) dengan asumsi semua lampu harus menggunakan

0 komentar:

Poskan Komentar